Undangan: Perayaan Sawah Uma Wali 2015

Semenjak tahun 2012 masyarakat di Banjar Pagi, Senganan, Penebel - Tabanan kembali menanam padi dengan sistem Kalamasa. Diawali dengan sebuah event Festival Perayaan Sawah pada tanggal 24 November 2013, Subak Ganggangan mulai menjadi pusat kami menimba ilmu untuk mengembalikan pola tanam dengan menggunakan sistem Kalamasa, dimana sahabat petani kembali menerapkan tebek tahun dan tebek cicih.

Pada mulanya, hanya delapan orang yang ikut bergabung dan menerapkan sistem kalamasa. Kini seluruh subak telah bersepakat untuk kembali menggunakan tebek tahun dan tebek cicih dalam pola menanam padi di areal Subak Ganggangan. Tahun ini, seluruh anggota Subak Ganggangan sedang panen padi tahun, yang artinya saat ini mereka sedang panen Padi Bali (beras merah varitas lokal). 

Kami bersama seluruh anggota Subak di Banjar Pagi, ingin memperingati hal ini dengan menggelar kembali acara Perayaan Sawah Uma Wali 2015. Kami ingin mengundang Anda sekalian untuk hadir dalam acara ini untuk memberikan support kepada setiap anggota subak yang telah ingat dan sadar kembali untuk menerapkan sistem Kalamasa. Kedatangan teman - teman sangat kami harapkan untuk memberikan mereka inspirasi dan semangat, karena sejujurnya tanpa usaha mereka untuk sadar dan memahami pentingnya untuk kembali ke sistem Kalamasa, Bali ini tidaklah ada apa - apanya. Hampir semua budaya Bali berakar dari gaya hidup subak yang mesti kita support untuk dilestarikan.

AGENDA 

Perayawaan Sawah Uma Wali 2015 akan kami adakan pada tanggal 7 Juni 2015. Berbagai kegiatan akan kami lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Pukul Kegiatan
06.00 - 10.00 Kegiatan Photography oleh Komunitas Tabanan Photographer Forum
06.00 - 08.00 Tracking untuk peserta yang mengikuti progam menginap
14.00 - 17.00 Sarasehan dengan topik : “nangluk mrana”, identifikasi dan pelestarian predator alami.
14.00 - 17.00 Perencanaan rumah konservasi Tyto Alba/Burung Hantu.
14.00 - 17.00 Permainan sawah dan olahraga rekreasi
14.00 - 17.00 Pengelolaan sampah dan pengenalan usaha ekonomi kreatif dengan bahan daur ulang.
14.00 - 17.00 Kegiatan Bhakti sosial/amal

Puncak perayaan akan kami adakan pada pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.00 WITA. Untuk itu, kami mengaharapkan kehadiran Anda pada puncak perayaan. Ajak keluarga Anda untuk hadir menikmati suasana subak Ganggangan dan belajar tentang banyak hal tentang kearifan lokal budaya Subak yang kini mulai digali dan diingat kembali.

Jika Anda ingin mengikuti program menginap selama 3 hari di Banjar Pagi dan mengenang kembali Romantisme hidup di Desa, silahkan kunjungi halaman berikut ini. Anda juga bisa mengikuti event ini di halaman Event Facebook kami disini https://www.facebook.com/events/1597028020554020/

Sampai bertemu di Subak Ganggangan, GRATIS.